Globalisasi dan Monopoli Pengetahuan


Kategory : Categories Baca dan Nonton
Posted on

TRIPs and biodiversity 2 (431x640)

Buku Globalisasi dan Monopoli Pengetahuan terbit pada 2002, yaitu 13 tahun yang lalu. Pokok bahasannya adalah peraturan tentang Hak Kekayaan Intelektual (HaKI atau HKI) terkait perdagangan internasional dan dampaknya pada keanekaragaman hayati Indonesia.

Buku yang ditulis Hira Jhamtani dan Lutfiyah Hanim bisa dikatakan sebagai buku awal yang menyajikan pemahaman tentang HaKI dalam bahasa yang lebih mudah dimengerti. Buku ini ditulis untuk memberikan pemahaman bagaimana perundingan internasional, yang jauh dari mata pengamatan kita, akan dan sudah mempunyai dampak pada sumberdaya hayati kita, pengetahuan tradisional dan bahkan pada kehidupan kita.

Buku ini menyajikan sejarah perundingan HaKI terkait perdagangan atau TRIPS di arena Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), dan perspektif negara berkembang. Kemudian membahas kaitan TRIPS dengan pengelolaan keanekaragaman hayati di Indonesia, dan bagaimana Pemerintah Republik Indonesia mengubah peraturan tentang HaKI untuk “menyenangkan” dunia internasional. Buku ditutup dengan saran dan rekomendasi. Sebagian saran dan perspektif dalam buku ini masih berlaku hingga kini. Sayang buku ini sudah sulit diperoleh di toko maupun di lembaga yang menerbitkannya.

Hanim masih punya e-file sebagian besar buku tersebut yang saya sajikan berikut ini. Semoga bermanfaat.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *