Wijayakusuma, Bunga Kemenangan, Sudah Mekar


Kategory : Categories Alam dan Hidup, featured
Posted on

Sudah sangat lama saya ingin mempunyai tanaman Bunga Wijayakusuma (Epiphyllum oxypetalum) yang mau berbunga. Tanaman yang “pelit” berbunga itu  …. ternyata berbunga pada sekitar November 2015 dan Januari 2015. Prosesnya merupakan keajaiban alam.

Dulu saya pernah punya tanamannya di Jakarta, tumbuh lebat daunnya, tapi tidak pernah berbunga. Sekitar dua tahun lalu, ada teman yang memberikan anakan Wijayakusuma dan ditanam di taman ruang tamu (disebut sebagai Brahmastan atau Istana Dewa Brahma dalam arsitektur India kuno).

Dan …. ternyata berbunga pada sekitar November 2015 dan Januari 2015. Prosesnya merupakan keajaiban alam, yang hendak saya bagi dalam bentuk urutan foto. Tapi sebelum itu ijinkan saya menguraikan sedikit penjelasan tentang tanaman ini.

Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia, Wijayakusuma termasuk jenis kaktus yang berasal dari Amerika Tropik. Ternyata tidak semua tanaman ini bisa berbunga. Seperti banyak tanaman lain, pembungaan Wijayakusuma dipengaruhi iklim dan kesuburan tanah. Bunga ini mekar hanya beberapa jam saja di malam hari, dan segera layu menjelang pagi. Karena itu disebut juga Ratu Malam atau Night Queen. Ternyata bunga Wijayakusuma bentuknya mirip dengan buah naga putih yang juga merupakan jenis kaktus.

Wijaya artinya adalah kemenangan dalam bahasa Sanskerta. Kusuma berarti bunga. Jadi Wijayakusuma berarti bunga kemenangan. Dalam mitos Jawa dan Hindu kuno, bunga ini diasosiasikan dengan Dewa Wisnu.  Lagi menurut Wikipedia,  masyarakat Yogyakarta dan Surakarta, khususnya di kalangan Keraton, percaya bahwa seorang raja yang akan naik tahta  haruslah memiliki bunga Wijayakusuma sebagai syarat. Mungkin karena bunga ini  dipercaya sebagai pusaka  keraton Dwarawati, yaitu kerajaan Krishna, titisan Dewa Wisnu.

Inilah beberapa khasiat tanaman  wijayakusuma:

  • meredam rasa sakit, dan menetralisir pembekuan darah
  • mempercepat penyembuhan luka abses; tumbuk daun dan oleskan pada luka.
  • obat anti radang, obat batuk dan pendarahan.

Yang jelas menunggu bunga Wijayakusuma amat menyenangkan, sebuah pengalaman yang membuat kita menghormati dan menyayangi alam, sambil merasa bahagia.

 

bunga masih kuncup

Kuncup Bunga

bunga mulai mekar

 Mulai mekar

 

Mulai mekar

 

wijaya kusuma mekar penuh

Mekar penuh

sudah selesai

Sudah selesai.

Mekar penuh sekitar pukul 22.30. Esok harinya sudah selesai tugasnya.  Alam memang punya mekanisme yang luar biasa. Mari sambut kemenangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *