WTO dan Penjajahan Kembali Dunia Ketiga


Kategory : Categories Baca dan Nonton
Posted on

Kesepakatan mengenai perdagangan internasional bukanlah suatu kompromi perdagangan, melainkan sebuah proses politik yang kadang tidak setara. Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) kerap dinyatakan sebagai organisasi berbasis peraturan. Dalam kenyataannya proses politik di dalamnya tetap didominasi negara maju, yang hendak melakukan imperialisme perdagangan gaya baru ke negara Dunia Ketiga.

WTO dan Penjajahan Kembali Dunia Ketiga

Bila anda ingin memahami WTO dengan cara cepat, buku inilah alatnya. Diterbitkan oleh InsistPress pada 2005, buku  ini merupakan demistifikasi tentang perjanjian perdagangan internasional. WTO bukanlah hanya urusan para pengusahan dan pemerintah, tapi sesuatu yang mempengaruhi kehidupan kita dari paten atas obat esensial, impor pangan hingga liberalisasi jasa keuangan misalnya.

Yang terpenting, para pemerintah berunding di WTO, tapi yang dirundingkan adalah hak perusahaan multinasional. Padahal seharusnya pemerintah merundingkan hal-hal terkait perdagangan yang menjadi pilar pembangunan kesejahteraan masyarakatnya. Jadi mari kita pahami inti dari proses politik kesepakatan dagang ini. Buku ini memuat pula beberapa rekomendasi menyangkut hal tersebut.

Sebagian isi buku ini bisa disimak pada artikel https://bebaspikir.com/2016/07/memahami-organisai-perdagangan-dunia-wto/

https://bebaspikir.com/2016/04/pemerintah-dan-perundingan-dagang-wto/

Kilas Balik Perundingan WTO 2008

Perjanjian Pertanian di WTO dan Dampaknya pada Petani Indonesia

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *