Kenalan

hira-jhamtani

Saya, HIRA JHAMTANI, orang biasa-biasa, pemerhati kehidupan dan beraliran “bebas merdeka.” Karena itu, laman ini diberi nama Bebas Pikir. Mari kita merdekakan pikiran kita dari belenggu penjajahan arus utama.

Saya gemar menulis sejak kecil. Saya menikmati berbagai aspek dari kehidupan seperti jalan-jalan melihat tempat yang baru, terutama yang masih alami, membaca, menonton film, berkebun, melakukan fasilitasi transformatif, memasak dan makan pangan sehat, dan tentu saja tidur. Salah satu kegiatan yang saya sukai adalah menterjemahkan tulisan/buku serta menjadi interpreter dan fasilitator.

Seperti banyak orang, saya pernah bersekolah formal, terakhir belajar ilmu kehidupan alias biologi di sebuah Universitas di Jakarta. Tempat belajar sebenarnya bagi saya adalah kehidupan dan pengalaman yang saya alami. Sejak 1985, kegiatan saya adalah mengkampanyekan pelestarian lingkungan hidup, melalui berbagai kelompok. Ternyata kegiatan ini membawa saya berkeliling ke berbagai tempat dari pelosok desa di Nusa Tenggara Timur hingga ruang perundingan PBB di New York dan Geneva. Membawa saya bertemu dan belajar dari banyak orang dari petani organik di Bedugul, Bali hingga para menteri dan pakar internasional.

foto profil

Bebas Pikir memotret pengalaman dan pikiran saya tentang pertanian, rekayasa genetik, globalisasi dan rasa, tempat dan manusia, yang sudah melintas dalam kehidupan saya, dan yang akan melintas nantinya.

Kini, bersama suami, saya mengelola sebuah toko produk organik dan pangan sehat di Sanur, Bali. Sebuah toko futuristik yang mencoba membawa aneka produk pangan sehat, terutama yang lokal, di dalam sebuah toko kecil yang ramah konsumen dan ramah produsen lokal.

Selamat datang di ranah bebas pikir dan menjadi berdaulat atas diri sendiri.

Bila ingin berbagi dan berbincang, silakan kirim kabar ke: hira@bebaspikir.com.